Tugas 3 Struktur & Fungsi Komputer Oleh : [Alver 1903015138]


 Komputasi Bergerak (Mobile Computing)

Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya (1903015138)

Tugas 3 Pertemuan 3 Komputasi Bergerak 8B


Urgensi komputasi bergerak :

Komputasi bergerak sangat penting dalam dunia bisnis dan industri, karena memungkinkan karyawan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa harus berada di kantor fisik. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan dan dukungan kepada pelanggan mereka di mana saja, 24 jam sehari.

Komputasi awan memungkinkan seseorang untuk mengakses semua data yang mereka butuhkan dengan aman dari ponsel mereka. Integrasi Cloud memungkinkan penggunaan perangkat seluler untuk mengikuti ekspansi yang cepat. Komputasi bergerak di Cloud memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan manajemen, rekan kerja, dan pelanggan melalui perangkat seluler mereka.

 

Ruang Lingkup Komputasi Bergerak :

  1. Teknologi jaringan nirkabel: Meliputi pemahaman tentang teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G, serta bagaimana teknologi ini digunakan dalam komputasi bergerak.
  2. Arsitektur aplikasi bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman tentang arsitektur perangkat lunak bergerak yang terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.
  3. Pengembangan aplikasi bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada berbagai sistem operasi.
  4. Keamanan dan privasi: Komputasi bergerak melibatkan pengiriman data nirkabel yang dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara melindungi data dan informasi dari ancaman keamanan dan pelanggaran privasi sangat penting.
  5. Pengelolaan sumber daya: Perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU, dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam pengembangan aplikasi bergerak.
  6. Desain antarmuka pengguna: Meliputi pemahaman tentang desain antarmuka pengguna untuk aplikasi bergerak, seperti penggunaan gambar, warna, dan tata letak yang optimal untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  7. Analisis data bergerak: Analisis data bergerak memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari perangkat bergerak dan aplikasi, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam berbagai bidang.


Tanya Jawab3 :

1. Mengapa komputasi awan (mobile computing) sangat penting dalam dunia bisnis dan industri?

a.       karena memungkinkan untuk bekerja secara fleksibel

b.       karena memungkinkan untuk bekerja secara rumit

c.       karena memungkinkan untuk bekerja secara manual

d.       karena memungkinkan untuk bekerja secara tidak fleksibel

2. Berikut adalah contoh teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak, kecuali?

a.       Wi-Fi

b.       Bluetooth

c.       Kabel LAN

d.       NFC

3. Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman tentang arsitektur perangkat lunak bergerak yang terdiri dari tiga lapisan kecuali?

a.       antarmuka pengguna (user interface)

b.       logika aplikasi

c.       data

d.      pengalaman user (user experience)

4. Yang bukan aspek penting dalam mebuat desain antarmuka pengguna adalah?

a.       Warna

b.       Tata letak

c.       Pemilihan font

d.      Penjelasan yang panjang

5. Melalui perangkat komputasi bergerak, dapat mengangkut?

a.       Berita

b.      Data, suara, dan video

c.       Koran

d.       ponsel

6. Komputasi bergerak (Mobile Computing) adalah suatu konsep yang mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi komputer secara?

a.       Otomatis dan terstruktur

b.       Mudah dan prakis

c.       Nirkabel dan portable

d.       Nirkabel dan manual

7. Berikut adalah keuntungan menggunakan komputasi bergerak (Mobile Computing), kecuali?

a.       Dapat mengakses informasi dan layanan kapan saja

b.      Dapat mengakses informasi dan layanan hanya dalam kantor

c.       Dapat mengakses informasi dan layanan dimana saja

d.       Dapat mengakses informasi dan layanan tidak terbatas pada koneksi kabel

8. Komputasi bergerak yang mengacu pada kemampuan perangkat elektronik untuk dibawa ke mana saja dan digunakan secara fleksibel adalah…

a.       Perangkat portable

b.       Ponsel

c.       Tablet

d.       Smartwatch

9. Keuntungan dari perangkat portable adahah…

a.       Perangkatnya yang kecil dan perlu kabel

b.      Fleksibelitas dan mobilitas

c.       Praktis dan manual

d.       Rumit dan besar

10. Konsep yang mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi komputer secara nirkabel dan portable adalah…

a.       Komputasi awan

b.       Komputasi grid

c.       Komputasi kuantum

d.      Komputasi bergerak


Sekian rangkuman materi tentang urgensi dan ruang lingkup komputasi bergerak (mobile computing) yang dapat saya paparkan. Terimakasih 

Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya 
NIM : 1903015138 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Sistem dan Pemodelan Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya(1903015138)

Definisi Pemodelan dan Simulasi Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya(1903015138)

Hubungan Pemodelan dan Simulasi Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya(1903015138)