Tugas 3 Struktur & Fungsi Komputer Oleh : [Alver 1903015138]
Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya (1903015138)
Tugas 3 Pertemuan 3 Komputasi Bergerak 8B
Urgensi komputasi bergerak :
Komputasi bergerak sangat penting
dalam dunia bisnis dan industri, karena memungkinkan karyawan untuk bekerja
secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa harus berada di kantor
fisik. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan dan
dukungan kepada pelanggan mereka di mana saja, 24 jam sehari.
Komputasi awan memungkinkan seseorang
untuk mengakses semua data yang mereka butuhkan dengan aman dari ponsel mereka.
Integrasi Cloud memungkinkan penggunaan perangkat seluler untuk mengikuti
ekspansi yang cepat. Komputasi bergerak di Cloud memungkinkan seseorang untuk
berkomunikasi dengan manajemen, rekan kerja, dan pelanggan melalui perangkat
seluler mereka.
Ruang Lingkup Komputasi Bergerak :
- Teknologi jaringan nirkabel: Meliputi pemahaman tentang teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G, serta bagaimana teknologi ini digunakan dalam komputasi bergerak.
- Arsitektur aplikasi bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman tentang arsitektur perangkat lunak bergerak yang terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.
- Pengembangan aplikasi bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada berbagai sistem operasi.
- Keamanan dan privasi: Komputasi bergerak melibatkan pengiriman data nirkabel yang dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara melindungi data dan informasi dari ancaman keamanan dan pelanggaran privasi sangat penting.
- Pengelolaan sumber daya: Perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU, dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam pengembangan aplikasi bergerak.
- Desain antarmuka pengguna: Meliputi pemahaman tentang desain antarmuka pengguna untuk aplikasi bergerak, seperti penggunaan gambar, warna, dan tata letak yang optimal untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
- Analisis data bergerak: Analisis data bergerak memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari perangkat bergerak dan aplikasi, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam berbagai bidang.
Tanya Jawab3 :
1. Mengapa komputasi awan (mobile computing) sangat penting dalam dunia bisnis dan industri?
a.
karena memungkinkan untuk bekerja secara
fleksibel
b.
karena memungkinkan untuk bekerja secara rumit
c.
karena memungkinkan untuk bekerja secara manual
d.
karena memungkinkan untuk bekerja secara tidak
fleksibel
2. Berikut
adalah contoh teknologi nirkabel dalam komputasi bergerak, kecuali?
a.
Wi-Fi
b.
Bluetooth
c.
Kabel LAN
d.
NFC
3. Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman
tentang arsitektur perangkat lunak bergerak yang terdiri dari tiga lapisan kecuali?
a.
antarmuka pengguna (user interface)
b.
logika aplikasi
c.
data
d.
pengalaman user (user experience)
4. Yang
bukan aspek penting dalam mebuat desain antarmuka pengguna adalah?
a.
Warna
b.
Tata letak
c.
Pemilihan font
d.
Penjelasan yang panjang
5. Melalui
perangkat komputasi bergerak, dapat mengangkut?
a.
Berita
b.
Data, suara, dan video
c.
Koran
d.
ponsel
6. Komputasi
bergerak (Mobile Computing) adalah suatu konsep yang mengacu pada kemampuan
untuk menggunakan teknologi komputer secara?
a.
Otomatis dan terstruktur
b.
Mudah dan prakis
c.
Nirkabel dan portable
d.
Nirkabel dan manual
7. Berikut
adalah keuntungan menggunakan komputasi bergerak (Mobile Computing), kecuali?
a.
Dapat mengakses informasi dan layanan kapan saja
b.
Dapat mengakses informasi dan layanan
hanya dalam kantor
c.
Dapat mengakses informasi dan layanan dimana saja
d.
Dapat mengakses informasi dan layanan tidak
terbatas pada koneksi kabel
8. Komputasi
bergerak yang mengacu pada kemampuan perangkat elektronik untuk dibawa ke mana
saja dan digunakan secara fleksibel adalah…
a.
Perangkat portable
b.
Ponsel
c.
Tablet
d.
Smartwatch
9. Keuntungan
dari perangkat portable adahah…
a.
Perangkatnya yang kecil dan perlu kabel
b.
Fleksibelitas dan mobilitas
c.
Praktis dan manual
d.
Rumit dan besar
10. Konsep
yang mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi komputer secara
nirkabel dan portable adalah…
a.
Komputasi awan
b.
Komputasi grid
c.
Komputasi kuantum
d. Komputasi bergerak
Komentar
Posting Komentar