Quiz Komputasi Bergerak Oleh : [Alver 1903015138]
Quiz
Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya (1903015138)
Quiz Pertemuan 12 Komputasi Bergerak 8B
1. Jelaskan urgensi komputasi
bergerak!
Jawaban : Komputasi
bergerak sangat penting dalam dunia bisnis dan industri, karena memungkinkan
karyawan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa
harus berada di kantor fisik. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk
memberikan layanan dan dukungan kepada pelanggan mereka di mana saja, 24 jam
sehari. Komputasi awan memungkinkan seseorang untuk mengakses semua data yang
mereka butuhkan dengan aman dari ponsel mereka. Integrasi Cloud memungkinkan
penggunaan perangkat seluler untuk mengikuti ekspansi yang cepat. Komputasi bergerak
di Cloud memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan manajemen, rekan
kerja, dan pelanggan melalui perangkat seluler mereka.
2. Jelaskan ruang lingkup
komputasi bergerak!
Jawaban :
1. Teknologi jaringan
nirkabel: Meliputi pemahaman tentang teknologi nirkabel seperti Wi-Fi,
Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G, serta bagaimana
teknologi ini digunakan dalam komputasi bergerak.
2. Arsitektur aplikasi
bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman tentang arsitektur
perangkat lunak bergerak yang terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka
pengguna, logika aplikasi, dan data.
3. Pengembangan aplikasi
bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan
aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada
berbagai sistem operasi.
4. Keamanan dan privasi:
Komputasi bergerak melibatkan pengiriman data nirkabel yang dapat menimbulkan
masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara
melindungi data dan informasi dari ancaman keamanan dan pelanggaran privasi
sangat penting.
5. Pengelolaan sumber
daya: Perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU,
dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam
pengembangan aplikasi bergerak.
6. Desain antarmuka
pengguna: Meliputi pemahaman tentang desain antarmuka pengguna untuk aplikasi
bergerak, seperti penggunaan gambar, warna, dan tata letak yang optimal untuk
meningkatkan pengalaman pengguna.
7. Analisis data
bergerak: Analisis data bergerak memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan
menganalisis data dari perangkat bergerak dan aplikasi, sehingga memungkinkan
pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam berbagai bidang.
3. Jelaskan apa aitu jaringan
nirkabel dan sebutkan jenis-jenis jaringan nirkabel!
Jawaban : Jaringan nir
kabel atau jaringan nirkabel (wireless network) adalah suatu jaringan yang
memungkinkan perangkat komputer atau elektronik untuk saling terhubung dan
bertukar data melalui gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan kabel.
Teknologi jaringan nir kabel memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan
atau internet melalui sinyal radio, inframerah atau gelombang elektromagnetik
lainnya yang ditransmisikan melalui udara. Beberapa contoh teknologi jaringan
nir kabel yang umum digunakan adalah Wi-Fi, Bluetooth, NFC dan infrared
Jaringan nir kabel memberikan kemudahan dalam mobilitas dan fleksibilitas
karena tidak memerlukan kabel, serta lebih mudah dalam pengaturan dan
konfigurasi, meskipun memiliki kekurangan dalam hal keamanan dan kecepatan
transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan jaringan kabel. Jenis -
Jenis Jaringan Nirkabel :
1. Wi-Fi (Wireless
Fidelity) : Teknologi yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat
ke internet. Wi-Fi menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima
data antara perangkat yang terhubung dengan jaringan.
2. Bluetooth-Teknologi
yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jarak yang lebih dekat,
biasanya dalam radius sekitar 10 meter. Bluetooth menggunakan frekuensi radio
yang lebih rendah dan lebih hemat energi dibandingkan dengan Wi-Fi.
3. NFC (Near Field
Communication) - Teknologi yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi
dengan perangkat lain dalam jarak yang sangat dekat, biasanya kurang dan 10 cm.
NFC sering digunakan untuk transfer data, pembayaran digital, dan tag RFID
(Radio Frequency Identification).
4. Infrared-Teknologi
yang mengirimkan data melalui sinar inframerah dan biasanya perangkat digunakan
pada perangkat remote control atau transfer file antara perangkat.
4. Sebutkan manfaat dari
jaringan nirkabel!
Jawaban :
1. Mobilitas dan
fleksibilitas yang lebih besar
2. Kemudahan dalam
pengaturan dan konfigurasi jaringan
3. Mengurangi penggunaan
kabel yang rumit
4. Menjaga estetika
ruangan karena tidak perlu memasang kabel yang terlihat
5. Jelaskan perbedaan arsitektur
aplikasi bergerak MVC dan MVVP!
Jawaban : Arsitektur MVC
memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen utama: model, view, dan controller.
Model, di dalam komponen ini berisi tentang logika bisnis dan status data yang
ada di dalam aplikasi. Kompnen ini bertugas untuk mendapatkan dan memanipulasi
data, berkomunikasi dengan controller, berinteraksi dengan database, terkadang
memperbarui tampilan dari aplikasi yang dikembangkan. View, bertanggung jawab
untuk tampilan dan interaksi antarmuka pengguna, dan Controller ,suatu
aktivitas/fragmen yang berfungsi sebagai komunikator antara view dan model.
Komponen ini membutuhkan suatu input pengguna dari layanan view/REST. Lalu
Permintaan “Get Data” diproses dari model dan diteruskan ke view untuk
ditampilkan ke pengguna.
6. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan arsitektur aplikasi bergerak MBaaS!
Jawaban : Mobile backend
as a service (MBaaS) adalah model layanan untuk menyediakan aplikasi web dan
pengembang aplikasi mobile dengan cara menghubungkan aplikasi mereka ke penyimpanan
cloud backend menggunakan API. Aplikasi backend juga menyediakan fitur seperti
pengelolaan pengguna, pemberitahuan push, dan integrasi dengan layanan jejaring
sosial. Layanan cloud mobile backend ini disediakan melalui penggunaan Software
Development Kit (SDK) dan antarmuka aplikasi pemrograman (API). Baas adalah
perkembangan yang relatif baru dalam komputasi awan. Meskipun industri ini baru
lahir, tren menunjukkan bahwa layanan ini mendapatkan traksi mainstream.
7. Jelaskan kebutuhan
dalam perancangan aplikasi bergerak!
Jawaban :
1. Tujuan aplikasi: Tentukan tujuan dan aplikasi Anda,
apakah itu untuk meningkatkan penjualan, memberikan informasi, menyediakan
layanan, atau tujuan lainnya.
2. Target pengguna: identifikasi siapa target pengguna
aplikasi Anda, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan minat
3. Fungsionalitas: Tentukan fitur dan fungsionalitas
yang harus dimiliki oleh aplikasi, seperti kemampuan untuk membuat akun membeli
produk, atau mengakses konten eksklusif.
4. Tampilan dan pengalaman pengguna: Desain antarmuka
pengguna yang menarik dan mudah digunakan sehingga pengguna dapat dengan mudah
berinteraksi dengan aplikasi Anda.
5. Integrasi: Pastikan aplikasi Anda dapat
terintegrasi dengan sistem dan teknologi lainnya seperti media sosial, platform
pembayaran, dan API dari pihak ketiga.
6. Keamanan dan privasi: Pastikan data pengguna dijaga
keamanannya dengan pengaturan keamanan dan privasi yang sesuai.
7. Skalabilitas: Pertimbangkan kemampuan aplikasi
untuk mengakomodasi jumlah pengguna yang lebih besar seiring pertumbuhan bisnis
Anda.
8. Performa dan kecepatan: Pastikan aplikasi berjalan
dengan lancar dan cepat, dengan waktu respon yang cepat untuk meningkatkan
pengalaman pengguna.
8. Untuk membangun aplikasi bergerak terdapat langkah-langkah
dalam merancang nya. Jelaskan cara merancang aplikasi bergerak!
Jawaban :
1. Riset dan Analisis Sebelum merancang tampilan
aplikasi bergerak, perlu dilakukan riset dan analisis tentang kebutuhan
pengguna, pesaing, serta tren desain terkini. Dalam tahap ini, dapat dilakukan
wawancara dengan pengguna dan observasi pada pesaing atau aplikasi serupa.
2. Buat Wireframe Setelah melakukan riset dan
analisis, buatlah wireframe aplikasi bergerak. Wireframe adalah sketsa awal
tampilan aplikasi yang berfungsi untuk memvisualisasikan elemen-elemen utama
pada aplikasi.
3. Tentukan Tata Letak (Layout) Setelah membuat
wireframe, langkah selanjutnya adalah menentukan tata letak atau layout
aplikasi. Tata letak yang baik akan memudahkan pengguna dalam menggunakan
aplikasi.
4. Pilih Warna dan Desain Visual Pemilihan warna dan
desain visual yang menarik dapat meningkatkan daya tarik aplikasi. Pastikan
warna dan desain yang dipilih sesuai dengan tema dan tujuan aplikasi.
5. Buat Prototipe Setelah merancang tampilan aplikasi,
buatlah prototipe aplikasi bergerak. Prototipe akan membantu untuk melihat
seberapa baik desain aplikasi dalam kenyataannya dan memperbaikinya jika
diperlukan.
6. Uji Coba pada Pengguna Terakhir, lakukan uji coba
pada pengguna untuk mendapatkan umpan balik dan saran tentang tampilan
aplikasi.
9. Ada 6 hal penting yang
perlu diperhatikan dalam Keamanan dan Privasi Komputasi bergerak. Sebutkan dan
jelaskan 6 hal penting tersebut!
Jawaban :
1. Enkripsi Data, penting
untuk mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan nirkabel, baik saat
data bergerak melalui jaringan maupun saat disimpan di perangkat seluler.
Enkripsi membantu melindungi kerahasiaan dan integritas data dari serangan atau
pencurian.
2. Otorisasi dan
Otentikasi, diperlukan mekanisme yang kuat untuk memastikan identitas pengguna
yang menggunakan perangkat seluler dan akses yang mereka miliki terhadap data
dan layanan. Ini melibatkan penggunaan sandi yang kuat, autentikasi dua faktor,
atau teknologi biometrik seperti pemindaian sidik jari atau pemindaian wajah.
3. Pengamanan Jaringan, jaringan
nirkabel dapat rentan terhadap serangan seperti sniffing (pencurian data yang
dikirimkan melalui jaringan) atau man-in-the-middle attacks (serangan di mana
penyerang menyusup di antara komunikasi dua pihak). Penting untuk menerapkan
pengamanan yang kuat pada jaringan, seperti penggunaan protokol keamanan
seperti WPA2 atau WPA3 untuk Wi-Fi.
4. Mobile Device
Management (MDM), untuk perangkat seluler yang digunakan di lingkungan bisnis
atau organisasi, MDM dapat digunakan untuk mengelola dan memastikan keamanan
perangkat tersebut. Ini termasuk mengenkripsi data di perangkat, menerapkan
kebijakan keamanan, dan memungkinkan penghapusan data jarak jauh jika perangkat
hilang atau dicuri.
5. Pengaturan Privasi, pengguna
perlu diberi kontrol atas privasi mereka dalam komputasi bergerak. Aplikasi
atau layanan harus memberikan opsi pengaturan privasi yang memungkinkan
pengguna untuk mengontrol bagaimana data mereka dikumpulkan, digunakan, dan
dibagikan.
6. Pembaruan Perangkat
Lunak, penting untuk menjaga perangkat seluler tetap diperbarui dengan
pembaruan perangkat lunak terbaru. Pembaruan tersebut sering mengandung
perbaikan keamanan yang penting untuk melindungi perangkat dari serangan yang
diketahui.
10. Jelaskan sumber daya
komputasi bergerak!
Jawaban : Sumber daya
komputasi bergerak merujuk pada kemampuan komputasi untuk berpindah atau
bergerak secara fisik dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini mencakup perpindahan
sumber daya seperti server, komputer, atau perangkat komputasi lainnya dari
satu tempat ke tempat lain. Sumber daya komputasi bergerak umumnya melibatkan
teknologi seperti komputasi awan (cloud computing) dan komputasi edge.
Komputasi awan memungkinkan penyimpanan data dan pemrosesan komputasi dilakukan
di pusat data terpusat yang dapat diakses dari jarak jauh melalui internet.
Dalam konteks ini, sumber daya komputasi dapat "bergerak" secara
virtual antara pusat data yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan
permintaan. Di sisi lain, komputasi edge melibatkan pemrosesan data yang terjadi
di dekat sumber data itu sendiri, seperti perangkat IoT (Internet of Things),
sensor, atau perangkat mobile. Dalam kasus ini, sumber daya komputasi bergerak
secara fisik bersama dengan perangkat yang ada di lapangan atau lingkungan
tertentu. Contoh dari ini adalah kendaraan otonom yang memiliki sumber daya
komputasi bergerak untuk mendukung pemrosesan data real-time saat bergerak di
jalan raya.
Sekian quiz yang berisi soal dan jawaban mengenai komputasi bergerak yang dapat saya paparkan. Terimakasih
Komentar
Posting Komentar