Quiz Komputasi Bergerak Oleh : [Alver 1903015138]


Quiz

Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya (1903015138)

Quiz Pertemuan 12 Komputasi Bergerak 8B

 

1. Jelaskan urgensi komputasi bergerak!

Jawaban : Komputasi bergerak sangat penting dalam dunia bisnis dan industri, karena memungkinkan karyawan untuk bekerja secara fleksibel dan terhubung dengan tim mereka tanpa harus berada di kantor fisik. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan dan dukungan kepada pelanggan mereka di mana saja, 24 jam sehari. Komputasi awan memungkinkan seseorang untuk mengakses semua data yang mereka butuhkan dengan aman dari ponsel mereka. Integrasi Cloud memungkinkan penggunaan perangkat seluler untuk mengikuti ekspansi yang cepat. Komputasi bergerak di Cloud memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan manajemen, rekan kerja, dan pelanggan melalui perangkat seluler mereka.

 

2. Jelaskan ruang lingkup komputasi bergerak!

Jawaban :

1. Teknologi jaringan nirkabel: Meliputi pemahaman tentang teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan teknologi seluler seperti 3G, 4G, dan 5G, serta bagaimana teknologi ini digunakan dalam komputasi bergerak.

2. Arsitektur aplikasi bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan pemahaman tentang arsitektur perangkat lunak bergerak yang terdiri dari tiga lapisan yaitu antarmuka pengguna, logika aplikasi, dan data.

3. Pengembangan aplikasi bergerak: Pembuatan aplikasi bergerak memerlukan kemampuan dalam mengembangkan aplikasi berbasis platform (platform-based) atau aplikasi yang terdapat pada berbagai sistem operasi.

4. Keamanan dan privasi: Komputasi bergerak melibatkan pengiriman data nirkabel yang dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara melindungi data dan informasi dari ancaman keamanan dan pelanggaran privasi sangat penting.

5. Pengelolaan sumber daya: Perangkat bergerak memiliki sumber daya terbatas seperti baterai, CPU, dan memori. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya menjadi penting dalam pengembangan aplikasi bergerak.

6. Desain antarmuka pengguna: Meliputi pemahaman tentang desain antarmuka pengguna untuk aplikasi bergerak, seperti penggunaan gambar, warna, dan tata letak yang optimal untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

7. Analisis data bergerak: Analisis data bergerak memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari perangkat bergerak dan aplikasi, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam berbagai bidang.

 

3. Jelaskan apa aitu jaringan nirkabel dan sebutkan jenis-jenis jaringan nirkabel!

Jawaban : Jaringan nir kabel atau jaringan nirkabel (wireless network) adalah suatu jaringan yang memungkinkan perangkat komputer atau elektronik untuk saling terhubung dan bertukar data melalui gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan kabel. Teknologi jaringan nir kabel memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan atau internet melalui sinyal radio, inframerah atau gelombang elektromagnetik lainnya yang ditransmisikan melalui udara. Beberapa contoh teknologi jaringan nir kabel yang umum digunakan adalah Wi-Fi, Bluetooth, NFC dan infrared Jaringan nir kabel memberikan kemudahan dalam mobilitas dan fleksibilitas karena tidak memerlukan kabel, serta lebih mudah dalam pengaturan dan konfigurasi, meskipun memiliki kekurangan dalam hal keamanan dan kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan jaringan kabel. Jenis - Jenis Jaringan Nirkabel :

1. Wi-Fi (Wireless Fidelity) : Teknologi yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat ke internet. Wi-Fi menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data antara perangkat yang terhubung dengan jaringan.

2. Bluetooth-Teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jarak yang lebih dekat, biasanya dalam radius sekitar 10 meter. Bluetooth menggunakan frekuensi radio yang lebih rendah dan lebih hemat energi dibandingkan dengan Wi-Fi.

3. NFC (Near Field Communication) - Teknologi yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jarak yang sangat dekat, biasanya kurang dan 10 cm. NFC sering digunakan untuk transfer data, pembayaran digital, dan tag RFID (Radio Frequency Identification).

4. Infrared-Teknologi yang mengirimkan data melalui sinar inframerah dan biasanya perangkat digunakan pada perangkat remote control atau transfer file antara perangkat.

 

4. Sebutkan manfaat dari jaringan nirkabel!

Jawaban :

1. Mobilitas dan fleksibilitas yang lebih besar

2. Kemudahan dalam pengaturan dan konfigurasi jaringan

3. Mengurangi penggunaan kabel yang rumit

4. Menjaga estetika ruangan karena tidak perlu memasang kabel yang terlihat

 

5. Jelaskan perbedaan arsitektur aplikasi bergerak MVC dan MVVP!

Jawaban : Arsitektur MVC memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen utama: model, view, dan controller. Model, di dalam komponen ini berisi tentang logika bisnis dan status data yang ada di dalam aplikasi. Kompnen ini bertugas untuk mendapatkan dan memanipulasi data, berkomunikasi dengan controller, berinteraksi dengan database, terkadang memperbarui tampilan dari aplikasi yang dikembangkan. View, bertanggung jawab untuk tampilan dan interaksi antarmuka pengguna, dan Controller ,suatu aktivitas/fragmen yang berfungsi sebagai komunikator antara view dan model. Komponen ini membutuhkan suatu input pengguna dari layanan view/REST. Lalu Permintaan “Get Data” diproses dari model dan diteruskan ke view untuk ditampilkan ke pengguna.

 

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan arsitektur aplikasi bergerak MBaaS!

Jawaban : Mobile backend as a service (MBaaS) adalah model layanan untuk menyediakan aplikasi web dan pengembang aplikasi mobile dengan cara menghubungkan aplikasi mereka ke penyimpanan cloud backend menggunakan API. Aplikasi backend juga menyediakan fitur seperti pengelolaan pengguna, pemberitahuan push, dan integrasi dengan layanan jejaring sosial. Layanan cloud mobile backend ini disediakan melalui penggunaan Software Development Kit (SDK) dan antarmuka aplikasi pemrograman (API). Baas adalah perkembangan yang relatif baru dalam komputasi awan. Meskipun industri ini baru lahir, tren menunjukkan bahwa layanan ini mendapatkan traksi mainstream.

 

7. Jelaskan kebutuhan dalam perancangan aplikasi bergerak!

Jawaban :

1. Tujuan aplikasi: Tentukan tujuan dan aplikasi Anda, apakah itu untuk meningkatkan penjualan, memberikan informasi, menyediakan layanan, atau tujuan lainnya.

2. Target pengguna: identifikasi siapa target pengguna aplikasi Anda, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan minat

3. Fungsionalitas: Tentukan fitur dan fungsionalitas yang harus dimiliki oleh aplikasi, seperti kemampuan untuk membuat akun membeli produk, atau mengakses konten eksklusif.

4. Tampilan dan pengalaman pengguna: Desain antarmuka pengguna yang menarik dan mudah digunakan sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan aplikasi Anda.

5. Integrasi: Pastikan aplikasi Anda dapat terintegrasi dengan sistem dan teknologi lainnya seperti media sosial, platform pembayaran, dan API dari pihak ketiga.

6. Keamanan dan privasi: Pastikan data pengguna dijaga keamanannya dengan pengaturan keamanan dan privasi yang sesuai.

7. Skalabilitas: Pertimbangkan kemampuan aplikasi untuk mengakomodasi jumlah pengguna yang lebih besar seiring pertumbuhan bisnis Anda.

8. Performa dan kecepatan: Pastikan aplikasi berjalan dengan lancar dan cepat, dengan waktu respon yang cepat untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

 

8. Untuk membangun aplikasi bergerak terdapat langkah-langkah dalam merancang nya. Jelaskan cara merancang aplikasi bergerak!

Jawaban :

1. Riset dan Analisis Sebelum merancang tampilan aplikasi bergerak, perlu dilakukan riset dan analisis tentang kebutuhan pengguna, pesaing, serta tren desain terkini. Dalam tahap ini, dapat dilakukan wawancara dengan pengguna dan observasi pada pesaing atau aplikasi serupa.

2. Buat Wireframe Setelah melakukan riset dan analisis, buatlah wireframe aplikasi bergerak. Wireframe adalah sketsa awal tampilan aplikasi yang berfungsi untuk memvisualisasikan elemen-elemen utama pada aplikasi.

3. Tentukan Tata Letak (Layout) Setelah membuat wireframe, langkah selanjutnya adalah menentukan tata letak atau layout aplikasi. Tata letak yang baik akan memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi.

4. Pilih Warna dan Desain Visual Pemilihan warna dan desain visual yang menarik dapat meningkatkan daya tarik aplikasi. Pastikan warna dan desain yang dipilih sesuai dengan tema dan tujuan aplikasi.

5. Buat Prototipe Setelah merancang tampilan aplikasi, buatlah prototipe aplikasi bergerak. Prototipe akan membantu untuk melihat seberapa baik desain aplikasi dalam kenyataannya dan memperbaikinya jika diperlukan.

6. Uji Coba pada Pengguna Terakhir, lakukan uji coba pada pengguna untuk mendapatkan umpan balik dan saran tentang tampilan aplikasi.

 

9. Ada 6 hal penting yang perlu diperhatikan dalam Keamanan dan Privasi Komputasi bergerak. Sebutkan dan jelaskan 6 hal penting tersebut!

Jawaban :

1. Enkripsi Data, penting untuk mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan nirkabel, baik saat data bergerak melalui jaringan maupun saat disimpan di perangkat seluler. Enkripsi membantu melindungi kerahasiaan dan integritas data dari serangan atau pencurian.

2. Otorisasi dan Otentikasi, diperlukan mekanisme yang kuat untuk memastikan identitas pengguna yang menggunakan perangkat seluler dan akses yang mereka miliki terhadap data dan layanan. Ini melibatkan penggunaan sandi yang kuat, autentikasi dua faktor, atau teknologi biometrik seperti pemindaian sidik jari atau pemindaian wajah.

3. Pengamanan Jaringan, jaringan nirkabel dapat rentan terhadap serangan seperti sniffing (pencurian data yang dikirimkan melalui jaringan) atau man-in-the-middle attacks (serangan di mana penyerang menyusup di antara komunikasi dua pihak). Penting untuk menerapkan pengamanan yang kuat pada jaringan, seperti penggunaan protokol keamanan seperti WPA2 atau WPA3 untuk Wi-Fi.

4. Mobile Device Management (MDM), untuk perangkat seluler yang digunakan di lingkungan bisnis atau organisasi, MDM dapat digunakan untuk mengelola dan memastikan keamanan perangkat tersebut. Ini termasuk mengenkripsi data di perangkat, menerapkan kebijakan keamanan, dan memungkinkan penghapusan data jarak jauh jika perangkat hilang atau dicuri.

5. Pengaturan Privasi, pengguna perlu diberi kontrol atas privasi mereka dalam komputasi bergerak. Aplikasi atau layanan harus memberikan opsi pengaturan privasi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol bagaimana data mereka dikumpulkan, digunakan, dan dibagikan.

6. Pembaruan Perangkat Lunak, penting untuk menjaga perangkat seluler tetap diperbarui dengan pembaruan perangkat lunak terbaru. Pembaruan tersebut sering mengandung perbaikan keamanan yang penting untuk melindungi perangkat dari serangan yang diketahui.

 

10. Jelaskan sumber daya komputasi bergerak!

Jawaban : Sumber daya komputasi bergerak merujuk pada kemampuan komputasi untuk berpindah atau bergerak secara fisik dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini mencakup perpindahan sumber daya seperti server, komputer, atau perangkat komputasi lainnya dari satu tempat ke tempat lain. Sumber daya komputasi bergerak umumnya melibatkan teknologi seperti komputasi awan (cloud computing) dan komputasi edge. Komputasi awan memungkinkan penyimpanan data dan pemrosesan komputasi dilakukan di pusat data terpusat yang dapat diakses dari jarak jauh melalui internet. Dalam konteks ini, sumber daya komputasi dapat "bergerak" secara virtual antara pusat data yang berbeda tergantung pada kebutuhan dan permintaan. Di sisi lain, komputasi edge melibatkan pemrosesan data yang terjadi di dekat sumber data itu sendiri, seperti perangkat IoT (Internet of Things), sensor, atau perangkat mobile. Dalam kasus ini, sumber daya komputasi bergerak secara fisik bersama dengan perangkat yang ada di lapangan atau lingkungan tertentu. Contoh dari ini adalah kendaraan otonom yang memiliki sumber daya komputasi bergerak untuk mendukung pemrosesan data real-time saat bergerak di jalan raya.


Sekian quiz yang berisi soal dan jawaban mengenai komputasi bergerak yang dapat saya paparkan. Terimakasih 


Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya 
NIM : 1903015138 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruang Lingkup Sistem dan Pemodelan Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya(1903015138)

Definisi Pemodelan dan Simulasi Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya(1903015138)

Hubungan Pemodelan dan Simulasi Oleh Tubagus Alver Alifiady Kartawijaya(1903015138)